OPINIKU: PEREMPUAN BUKAN SUMBER KEHANCURAN

6/26/2018



Ini pertama kali buatku untuk menulis tentang perempuan, mungkin karena aku bukan perempuan yang mengerti menjadi perempuan itu sendiri, tetapi akhir-akhir ini aku agak geram dengan celotehan dan mulut pedas mereka yang mengatakan bahwa seakan perempuan adalah sumber kesalahan dan kehancuran yang terjadi pada mereka terutama laki-laki, kamu pasti pernah mendengar atau membaca kalimat atau frasa yang berbunyi "Ada 3 Sumber Hancurnya Lelaki yaitu: 1. Harta; 2. Tahta; dan 3. Wanita/Perempuan" yes you read it right, maaf, bagi saya kalimat ini sangat menjatuhkan perempuan, dan aku pikir kalimat semacam ini harus dihilangkan dan dilupakan, kalimat yang menjadikan perempuan sebagai objek seperti ini adalah hal yang memalukan, karena aku pikir bukan begini Tuhan menciptakan perempuan. Pernah satu dosen saya dengan lantang mengatakan kalimat itu di depan kelas, padahal saat itu di kelas ada 4 perempuan, saat itu juga aku dengan lantang menentang perkataan itu, dan beberapa teman perempuan juga sangat menantang hal itu, bahkan dosen saya tidak mau meminta maaf atas yang telah dia katakan, what a shamed. Setelah saat itu beberapa teman laki-lakiku bertanya kenapa aku membela perempuan, aku hanya mengatakan kepada mereka bahwa apa yang telah dikatakan dosen saya saat itu adalah perkataan yang tidak benar dan tidak baik, karena itu kalimat merendahkan, menjatuhkan dan menyinggung perasaan perempuan alias teman-teman saya, dan saya merasa itu memang perlu dibantah. Sungguh menyedihkan seorang dosen mengatakan hal semacam ini di depan kelas yang harusnya memberikan edukasi jauh lebih baik dari ini.

Aku punya 4 kakak perempuan, dan cukup banyak sahabat/teman perempuan dan mereka bahkan tidak pernah menghancurkan hidup lelaki manapun, kalimat itu menggeneralisasi perempuan, aku yang bukan perempuan merasa sangat tersinggung dan sedih dengan kalimat ini, sekarang bayangkan jika ada yang mengatakan kalau saudara/teman perempuanmu adalah penyebab hancurnya hidup lelaki padahal lelaki itu sendiri yang "ngacengan", aku pribadi tidak terima, kakak-kakak dan teman-temanku adalah orang yang sangat baik dan tidak pantas harus dipandang seperti sampah, mereka (perempuan) sangat pantas mengekspresikan pribadi mereka tanpa adanya gangguan, mereka sangat pantas menerima pujian atas apa yang mereka perbuat, mereka sangat pantas mendapatkan hak mereka tanpa harus ada rasa terkucilkan/direndahkan, mereka sangat pantas memberikan pendapat tanpa ada rasa takut, mereka sangat pantas mendapatkan impian mereka tanpa ada yang menghalangi, mereka sangat pantas mendapatkan kesetaraan, mereka sangat pantas untuk dicintai maupun mencintai.

Beberapa mungkin menganggapku sebagai seseorang "sok feminis" atau apalah, aku tidak peduli, aku hanya seorang adik yang ingin kakak-kakak perempuannya tidak merasa kecil, tidak merasa diremehkan oleh laki-laki yang bahkan tidak lebih baik dari kakak-kakaknya, aku hanya seorang teman yang sangat merasa tersinggung dan risih ketika orang lain melakukan "catcalling" kepada sahabat perempuannya, aku hanya seorang teman yang sangat tidak terima ketika dosennya mengatakan bahwa perempuan adalah sumber kehancuran lelaki, aku seorang teman dan adik yang merasa bahwa semua perempuan bukan sebagai objek semata melainkan makhluk Tuhan yang bermartabat dan penuh cinta.

Salam,
Anwar.
Adik dari Mba Minah, Mba Ati, Mba Ita, Mba Pipit.
Sahabat dari Wiwin, Ananda, Danny, Aulia, Diah, Aline, Rizka, Isyara, dan masih banyak lagi.

You Might Also Like

2 comments

Subscribe