2023 Series Personal Favorite

1/09/2024

 


Tahun 2023 adalah tahun di mana saya lebih banyak menonton series dari beberapa platform streaming, dengan beragam genre dan surprisingly beberapa series indonesia mulai menunjukkan taringnya dan kekuatan tampil menonjol seperti Gadis Kretek yang mampu bisa berada di top chart di beberapa negara.
Jadi ini beberapa series 2023 favoriku:

20. The Crown (Netflix)


Sesuai prediksi final season #TheCrown lebih melow dr season2 sebelumnya. entah kenapa setelah menyelesaikan, series ini terasa dirancang buat sosok Queen Elizabeth itu sendiri sedari awal. penutupan series yg tidak sempurna tp cantik dan cukup emosional didukung performa para pemainnya yg solid sekali, ada Elizabeth Debicky, Dominic West, Jonathan Pryce dan tentunya Imelda Staunton yg perlu lebih banyak diapresiasi disini. ini menarik bgm setelah nonton, persepsiku thd Queen Elizabeth berubah, bener jg klo menjabat sbg ratu di era modern/kapitalis/liberal gini ga gampang sama sekali.
dia menjadi Ratu (Pemimpin Monarki Perempuan) selama 70 thn sebenarnya adalah pekerjaan yg sgt impresif.

19. Black Mirror (Netflix)

Back with its season 6 after 4 years. terdiri darj 5 episode yg dipenuhi keanehan dan twist ala Black Mirror. saatnya untuk review 4 episodenya.

18. Servant (Apple TV+)


S4 walau kembali ditutup cliff hanger tapi karakter Leanne semakin mengerikan demi "melindungi" keluarga Turner, dan season ini masih konsisten gelap, penuh twist dan suasana eerie semakin melebar ditambah penampilan para cast yg selalu mengesankan.

17. Teluh Darah (Disney+ Hotstar)


terpincut dengan series horor indonesia #TeluhDarah ini yg jujur aja sy di awal agak skeptikal, ditampilkan secara gory ala Kimo yg cocok untuk tema ilmu sihir santet ini, mantap karena misterinya dijaga sgt baik shg menimbulkan pertanyaan tiap epsnya

16. Drops Of God (Apple TV+)


Apple TV+ itu sering banget ngasih series atau film yg buagus banget tapi ga ada gaungnya dimanapun salah satunya #DropsOfGod ttg kolektor wine termahsyur yg punya koleksi langka ingin mewariskan koleksi dan hartanya ke anaknya atau muridnya syaratnya salah satu harus menang dr ujian yg dia buat sebelum meninggal. sangat menarik bgm series ini banyak ngasih insight ttg dunia wine, dan dinamika keluarga. series ini terasa mewah tapi jg ttp grounded. btw ini series dr komik anime tp diadaptasi apik.
15. Only Murders In The Building (Disney+ Hotstar)


Kritikus-kritikus Rotten Tomatoes kasih skor hampir sempurna untuk 3 season #OnlyMurdersInTheBuilding dan bukan tanpa alasan even 3 season berlanjut series ini masih sangat menyenangkan & stylish. chemistry trio ini makin erat dan lucu ditambah kehadiran Meryl Streep & Paul Rudd di S3 ini.

14. Beckham (Netflix)


Sangat ga menyangka bisa suka dokumenter #Beckham, tiap episode disusun menggugah untuk menilik kehidupan sang ikonik Beckham yg bertalenta dan flamboyan. rasanya tidak perlu utk mjd fans Beckham ataupun sepak bola utk bs menikmati ini. Fisher jeli & pinter bgt memberikan emosi dari Beckham, keluarga hingga orang2 terdekatnya yg bikin kita ikut terbawa, dia juga tau betul bikin penonton betah atas jahitan footage2 nya yg disusun rapih hingga memberikan cerita kehidupan ups & lows dari Beckham.

13. The Fall of The House of Usher (Netflix)


Bercerita ala azab pesugihan versi hollywood #TheFallOfTheHouseOfUsher ini menarik & keren bgt yg tiap eps nya disuguhi kematian2 mengenaskan, apalagi seperti layaknya gaya Mike Flanagan walau horor tp kekuatan emosionalnya jg masih kental & delicate.

12. Barry (HBO)


Setelah merampungkan #Succession dengan sempurna, HBO juga merampungkan #Barry sama sempurnanya dgn gaya yg berbeda, tampilan dark humor yg menggigit, walau tajam & kocak tp selalu penuh getir tiap seasonnya terlebih utk final season ini. Mantap endingnya that made me scream FUUCCKK.

11. Shrinking (Apple TV+)


Suka banget series #Shrinking ini pdhl baru on going 3 eps, ngasih liat personal life psikiater yg mereka adalah orang normal juga, punya masalah sendiri dan tetep ngeluh kerjaan dan gosipin klien dikemas komedi kocak.

10. GEN V (Prime Video)


Spin off dari The Boys menjadi lebih segar dengan karakter mudanya tentang sekelompok anak kuliah yang punya mimpi bisa menjadi salah satu kelompok bubuhan Homelander yang secara polos tanpa mereka sadar ada yang salah. Walau seperti angin segar tapi DNA dari The Boys masih kental dengan gore dan kegilaan dalam bercerita disini. Tontonan gila nan seru.

9. Platonic (Apple TV+)


It really is i had an super fun feeling watched #Platonic, goofy jokes nya kocak, bonding Rogan sama Byrne bener2 klop banget sumpah, series kocak, ringan, menghangatkan dan super super comfortable to watch.

8. Yellowjackets (Prime Video)


Gokil bgt series horor #Yellowjackets ini, tentang sekumpulan murid SMA terdampar di hutan tak berpenghuni karena pesawat mereka jatuh.
Series ini pintar sekali menjaga misterinya & membuat penonton bukan cm penasaran tapi kita juga dibuat seperti tahu apa yg terjadi padahal nyatanya kita tidak benar-benar tahu.

7. LOKI (Disney+ Hotstar)


Glorious Purpose #Loki akhirnya terungkap di #LokiS2 yg menjadikan karakternya sgt memorable. Loki yg dulu konyol, hedonis & problematik, di serial ini dia sgt berbeda, perkembangan karakternya adalah yg paling memuaskan di semesta Marvel. menerjemahkan "God" yg bukan lagi sepele.

6. Gadis Kretek (Netflix)


Khusyuk saya menonton episode per episode #GadisKretek yg terlihat sekali series ini diperlakukan sangat hati-hati oleh filmmaker-nya, seperti ingin selalu klik next episode tapi di saat yg sama tidak ingin cepat menyelesaikan seriesnya.
segala aspek di series ini sempurna dari teknikal hingga non teknikal, world building yg meyakinkan, naskah yg rapi, performa akting yg mengesankan, costume design yg oke, dan penyutradraan yg berkelas yg walau diarahkan oleh 2 sutradara tapi ciri khas Ifa Isfansyah dan Kamila Andini sama2 kental tanpa saling menutupi satu sama lain.

5. Ted Lasso (Apple TV+)


Menyelesaikan sesuatu yg menyenangkan itu sangat tidak mudah, salah satunya bagi saya adalah menyelesaikan series favorit sepanjang masa saya ini yaitu #TedLasso. sepanjang season dr S1 hingga S3 saya diajak belajar memahami hidup. dibawa merasakan arti gagal, jatuh cinta sikap dan sifat positif, dll yg banyak diangkat di series ini, series ini jg mengajarkanku cara mjd humoris tanpa hrs mjd pribadi yg jahat.
S3 ditutup dengan emosional, kebesaran hati, dan kehangatan. WHAT A SHOW WHAT A SHOW WHAT A SHOW! 💙💙💙

4. BEEF (Netflix)


Berawal dr road rage sepele mjd masalah besar di #BeefNetflix yg brilian sekali menggambarkan satir ttg chaosnya kehidupan milenial ditambah sulitnya mjd minoritas (americam chinese) yg pny humor kocak tp tajam, dan jg didukung penampilan duo Steven Yeun dan Ali Wong yg impresif.

3. The Last of Us (HBO)


#TheLastOfUs ini mengambil approach yg berbeda dari series/film zombie maupun post-apocalyptic kebanyakan dengan narasinya lbh banyak bermain emosi & karakterisasi yg kuat yg menjadikannya sering terasa menyentuh tnp mengurangi intensnya shg mampu melekat erat diingatan penonton.

2. Succession (HBO)


#Succession is one the greatest satirical drama ever existed yg akhirnya rampung di season 4 ini. Jesse Armstrong menciptakan series hebat inj dengan kegilaan, keliaran, kelancangan dan ambisius dalam menggambarkan kapitalisme yg buas, semua ditampilkan wow oleh tiap aktornya terutama Sarah Snook yg menunjukan taringnya sebagai aktor handal.
spt biasa di season ini akan ditampilkan dialog penuh sarkas tajam, dark jokes gila dan kuatnya mengejek sosial kelas rendah yg mungkin tdk akan cocok utk bbrp org ditambah twist2 mantap yg akan membuatmu bengong. ga cuma Sarah Snook yg powerful tapi Brian Cox, Kieran Culkin dan Jeremy Strong pun masih sama kuatnya spt season2 sebelumnya tp memang utk season ini SARAH SNOOK ATE IT LEFT NO CRUMBS! micro expression nya gila hebat banget.
STANDING OVATION TO ALL CREW AND CAST, WHAT A SHOW.

1. The Bear (Disney+ Hotstar)


Saya kembali menobatkan The Bear menjadi series paling favoritku di tahun 2023 karena di semua aspek yang sempurna setelah Succession. masih sama kuatnya #TheBear S2 ini dgn S1 nya. walau chaos situasi dapur S2 ini lebih berkurang, yg mana di season ini lebih fokus ke trauma & kehidupan masing2 karakter yg diperankan hebat o/ seluruh cast2nya, selipan mental health nya msh menohok. EPS 6 NYA GILA!

Tidak lupa saya ingin menambahkan beberapa series yang cukup menarik dan menjadi honorable mention.




You Might Also Like

0 comments

Subscribe