TRIP TO SENDAWAR AND MELAK (WEST KUTAI) - EAST BORNEO

1/16/2017


YOU CAN GO WHEREVER YOU WANT BUT REMEMBER WHERE YOUR HOME IS

Sendawar adalah kota yang terletak dibagian barat wilayah Kalimantan Timur dan termasuk dalam wilayah Kutai Barat. Jika kamu sering mendengar kota Melak, sebenarnya Melak sendiri adalah salah satu kecamatan yang berada di Kota Sendawar, memang Melak adalah kecamatan yang paling ramai diantara kecamatan-kecamatan yang lainnya.
Kota Sendawar juga masih sangat kental dengan budaya dayaknya, tidak seperti kota Balikpapan atau Samarinda. Disini kamu akan menemukan banyak tempat rekreasi yang patut kamu kunjungi, disini banyak ditemukan air terjun atau jantur. Ya, jantur adalah bahasa daerah sini untuk penyebutan air terjun.
Akses untuk sampai ke Sendawar kalau perjalanan menggunakan transportasi darat kamu bisa menggunakan bis atau mobil. Akses ke Sendawar sendiri tidak terlalu berat hanya saja memakan waktu yang cukup lama, jika perjalananmu dari Samarinda itu bisa menghabiskan sekitar 6-7 jam menggunakan mobil.
Okay. Check out my photos at Sendawar. Whoop Whoop

Air Terjun Jantur Inaar
Banyak air terjun kece di Sendawar, salah satunya Jantur Inaar. Gilaaaa air terjun disini keren sumpaah, serius. Air terjunnya tinggi banget, bahkan kamu bisa mendengar suara air jatuh hanya dari pinggir jalan. Tempat ini jadi salah satu tempat wisata favorit gue. Disini asri banget, asli. Mungkin karena tempatnya juga gak banyak yang datang karena mungkin Sendawar juga gak banyak yang tahu yah. Disini aku bahagia banget bisa mandi di sungainya, airnya dingin dan sejuk banget. For you to calming yourself or enjoying yourself, this is the right place to go to.
Aku berani bertaruh buat kalian yang sudah pernah ke Coban Rondo dan bilang Coban Rondo itu keren maka Jantur Inaar 10X lebih keren dari itu. Tapi yang paling penting adalah tempat ini instagramable, banyak spot foto disini, duh ku terharu haha
Aaaah ku mau kesana lagi. Damn!
Jantur Inaar River

Jantur Inaar Waterfall

Way to Jantur Inaar Waterfall

Jantur Inaar Waterfall


Air Terjun Jantur Mapan
Air terjun ini salah satu dari banyaknya air terjun di Sendawar bray, Air terjun yang satu ini gak terlalu tinggi tapi bertingkat, disini juga sejuk dan oke punya pemandangannya bray, mau kesini juga gak susah, dipinggir jalan udah bisa nemu nih air terjun.
Jantur Mapan Waterfall

Jantur Mapan Waterfall


Taman Budaya Luuq
Nah di Sendawar juga kamu bisa wisata budaya bray, salah satunya di Taman Budaya Luuq, disini kamu disuguhkan oleh objek-objek dayak bray, seperti Rumah Lamin, Patung-patung Dayak dan pengetahuan-pengetahuan tentang dayak nih guys, di Sendawar sendiri memang masih cukup kental dengan budaya dayaknya bray, jadi seru nih buat kamu yang belum tahu mengenai budaya dayak. Di beberapa momen juga disini sering diadakan acara adat atau acara-acara kota sendawar. Waktu aku disana, ada diadakan Festival HUT kota Sendawar jadi lumayan seru bray.
Lamin House at Luuq Cultural Park

Gate of Luuq Cultural Park 

The Symbol Animal of  Sendawar


Danau Aco
Kalau wisata danau, Sendawar juga gak mau kalah nih guys, kamu bisa nemuin danau disini namanya Danau Aco, danau ini cukup unik bray karena danaunya terletak di atas bukit. Jadi kalau mau kesana kamu harus melewati bukit dan cukup jauh, eh tapi pake mobil atau motor bisa kok, jadi gak harus jalan kaki haha
Disini tempatnya tenang banget bray, cocok lah buat kamu pacaran haha
Didekat Danau Aco ini kamu bisa menemukan air terjun tapi sayang kemaren aku belum bisa kesana hiks
Aco Lake

Aco Lake

Stairway to Aco Lake

Aco Lake


Islamic Center Kutai Barat
Untuk kutai barat islamic center nya berada di Sendawar, untuk ukuran islamic center, islamic center ini tidak terlalu besar, tetapi cukup besar dan indah, dan cukup terawat dengan baik.
Islamic Center Kutai Barat


Festival HUT Sendawar
Jadi waktu aku kesana beruntung banget pas HUT Sendawar. Jalanan padat banget, orang-orang pada tumpah di Taman BUdaya Luuq, banyak mengadakan acara-acara adat dan bazaar.
Festival HUT Sendawar

Festival HUT Sendawar

You Might Also Like

0 comments

Subscribe