Movie Review: 27 Steps of May | Traumatis Dalam May

5/07/2019


Film yang bercerita tentang perubahan kehidupan May yang mempunyai masa lalu yang kelam yang tidak bisa dia lupakan, dia mengalami kekerasan seksual sewaktu dia masih SMP dan ini mengakibatkan traumatis yang terdalam untuknya dan mengubah semua kehidupannya setelah bertahun-tahun mengalaminya.

Ketika menonton ini penonton diajak untuk merasakan sakit traumatis yang dirasakan oleh May yang diperankan Raihaanun, akting Raihaanun sangat memukau dan sangat mampu memberikan ekspresi dan performanya untuk membuat penonton ikut merasakan rasa sakit yang dirasakan, terlebih rutinitas yang ditampilkan di film ini mampu menyadarkan bahwa kekerasan seksual dapat membuat korban dapat mengalami trauma sebegitu dalamnya. Adapun Lukman Sardi memerankan Bapak dari May yang sangat merasa bersalah atas apa yang dialami anaknya karena merasa tidak bisa memberikan perlindungan untuknya, akting Lukman Sardi disini adalah satu dari sekian masterpiece yang ditampilkan, aku sebagai penonton amatir sangat memuji akting Lukman Sardi disini, dia mampu memberikan dua personaliti yang berbeda, memberikan amarah yang meluap, memberikan sayang yang teduh, memberikan kerapuhan yang memilukan, dan memberikan kesedihan yang menghancurkan.


Pun proses healing yang menarik dan tidak terburu-buru mampu membuat penonton seakan ikut merasakan sakit dan betapa trauma ini bukanlah trauma yang ringan dan aku dapat merasakan rasa kehancuran fisik maupun psikis dari korban yang sangat dalam, ini juga karena di-deliver dari performa Raihaanun yang menakjubkan.
Filmnya memberikan ekspresi dan rutinitas May yang tidak wajar dan minim dialog juga mampu mengantarkan sakit trauma yang dirasakan dengan sangat apik.


Film ini menjadi salah satu film terbaik yang Indonesia punya dengan kehadiran dari performa Raihaanun dan Lukman Sardi, juga dengan premis cerita yang berbeda dan berani, tidak lupa dengan kehebatan sutradara Ravi Bharwani dalam memberikan hasil karya terbaiknya.


You Might Also Like

0 comments

Subscribe