2022's International Movies Personal Favorite

1/01/2023

 


Tidak mudah memilih film internasional terfavorit di tahun 2022 dikarenakan banyaknya film berkualitas dari berbagai negara yang menonjol mulai dari Korea Selatan, Iran, dsb. Bagaimanapun tetap terdapat film-fim yang secara personal saya suka atau bahkan menyentuh di hati saya.
Here are my 20 personal favorite of 2022 international movies (from least to best order).

20. Glass Onion (dir. Rian Johnson)


Rian Johnson hits it again with #GlassOnion. not as complex as Knives Out but still has the same fun and satisfying DNA in it. the wholesome ending is same with its all cast performance. Rian's trademark how he delivers the movie with humor and mysterious at the same time.

19. Cha Cha Real Smooth (dir. Cooper Raiff)


OMG #ChaChaRealSmooth WAS SUPER SWEET.
plot "falling in love to ppl we cant have" yg digambarkan sangat manis atas karakternya, skrip yg mature dan cerdas, juga optimisme dalam pendewasaan dirinya yg sangat menawan. I AM A FAN.

18. The Menu (dir. Mark Mylod)


#TheMenu is hell of a kind movie. film yang sekali lagi memberikan satir strata sosial yg menohok & original. Dibawa menengangkan & unsettling sedari awal film hingga akhir yg elegan oleh kehadiran Chef Slowik (Ralph Fiennes) yg misterius nan mengerikan. The script is a chef's kiss.

17. Elvis (dir. Baz Luhrmann)


Figur sensasional #Elvis digambarkan sebagai sosok 'family man' oleh Baz Luhrmann di film ini, gaya pengarahan Baz cocok sekali untuk cerita ini yg mewah, gemerlap Hollywood, riuh & glamor, terlebih utk penampilan Austin Butler yang sangat impresif memberikan big energy Elvis itu sendiri.

16. Pearl (dir. Ti West)


MIA GOTH IS NO DOUBT OUTSTANDING IN #PearlMovie . Prekuel #XMovie  ini malah membuat pendahulunya malah semakin masuk akal dan mengerikan, entah apa yg dipikiran Ti West hingga bisa membuat #PearlMovie  sangat membagongkan.

15. The Woman King (dir. Gina Prince-Bytewood)


Sebenarnya formula & alur dari #TheWomanKing ini sudah banyak tp bgm Gina Prince-Bythewood mengemas feminisitas yg kuat membuatnya sangat spesial, berani, dan empowering. cast bermain sangar, beringas & kuat lalu Viola Davis memjadi sentralnya juga solid, ditambah sentuhan drama yg lembut.

14. The Batman (dir. Matt Reeves)


Robert Pattinson menjadi #TheBatman  yang gothic dengan suasana suram yg dibuat brutal & gelap oleh Matt Reeves yang berhasil memberikan ketegangan dari awal hingga akhir. Zoë Kravitz tidak hanya bandel sebagai Catwoman tapi atraktif & seksi, just ugh. 
Taktikal The Riddler juga rapi dan gila yg ditampilkan pas oleh Paul Dano yg berhasil menjadi scene stealer disini walau semua pemain bermain apik. I love this Batman and started thinking that Gotham stands for Gothic Batman.

13. Holy Spider (dir. Ali Abbasi)


#HolySpider is a serial killer thriller which success enough to provoking and gut wrenching with the dangerous premise of brainwash potential of misinterpreted the name and holiness of islam to disgrace humanity. the bold premise with bold and true directing.

12. All Quiet on the Western Front (dir. Edward Berger)


Jarang sekali menemukan film perang dari perspektif Jerman, musuh terbesar dunia saat WW1 (setidaknya bagi saya) & #AllQuietOnTheWesternFront menampilkan itu dgn bengis, sadis dan tak berhatinya perang bagi semua umat terutama tentaranya. saya tdk pernah merasa miris pada jam 11.

11. RRR (dir. S. S. Rajamouli)

#RRR meledak, pecah, macho, penuh testosteron tapi ada hati & harapan di dalamnya. Suatu sinema yang bombastis ala India yg menangkap sifat pahlawan & bromance yang epik sekali. sinematografi, & musikalnya terasa berlebihan tapi itulah seni khas Bollywood yang berbeda dari sinema lainnya.

10. The Banshees of Inisherin (dir. Martin McDonagh)


#TheBansheesofInisherin adalah komedi gelap tentang kejamnya rasa kesepian yang menggerogoti manusia & bisa mengubah kepribadian seseorang, walau premisnya terkesan mengerikan tapi Martin Mcdonagh pintar membuatnya sangat jenaka dan tajam yang didukung shot2 indah & kekuatan akting para castnya.

9. Nope (dir. Jordan Peele)


Jordan Peele memang jagonya memelihara ketegangan dari awal sampai akhir, begitupun dengan #NopeMovie  ini memang penuh ketegangan, misteri, score yang memukau dan sisipan candaan yang oke. salah satu film sci-fi horor dengan eksekusi yg pintar.

8. Belfast (dir. Kenneth Branagh)


#Belfast berhasil masuk sebagai salah satu film hitam putih favoritku, cantik sekali menggambarkan kehidupan orang Belfast dengan segala lika likunya, memeluk arti dari sebuah kehilangan, kepergian & kerinduan dengan caranya yang optimistik, menyentuh dan sedikit humor satir di dalamnya, apik.

7. Top Gun: Maverick (dir. Joseph Kosinski)


#TopGunMaverick  adalah sebuah film sekuel yg berhasil. film ini tidak cuma manly tapi ganteng, berhati, dan memuaskan penonton awam ataupun penggemar lamanya. salah satu performa Tom Cruise terbaik sekaligus pengalaman sinematik paling memuaskan tahun ini.
Hans Zimmer seperti biasa membawakan scoring mewah yg bikin film ini menggelegar di kepala,
setelah nonton film pertamanya ternyata banyak aspek, detail dan formula yg dipake lagi ke film yg baru ini yg pasti bikin penggemar lamanya akan kembali bernostalgia dan menjadikan kedua filmnya terasa kohesif satu sama lain.

6. Decision To Leave (dir. Park Chan-Wook)


Park Chan-Wook itu memang sutradara yang unik dan kharismatik sekali terlihat dari karya-karyanya dan kali ini dengan #DecisionToLeave dia menghadirkan kembali romantisisme khas dia, scandalicious, puitis dan cantik dan didukung penampilan Tang Wei dan Hae il Park yg mengesankan.

5. Aftersun (dir. Charlotte Wells)


Secara implisit #Aftersun membahas mental health & ketakutan menjadi tua menjadikannya terlalu personal bagiku & sialnya (in a good way) Charlotte Wells mengemasnya dalam hubungan ayah-anak yang intim. Performa penampilan kuat Paul Mescal terus menyangkut lama di kepala setelah menontonnya.

4. Broker (dir. Hirokazu Kore-eda)

Hirokazu Kore-eda kembali membawa drama keluarga yg lembut, perspektif abu-abu & asyik membawa kualitas bercerita yang mumpuni dengan kekuatan para cast yg prima di #Broker, film yg melow dan memberikan good cry. Fokusnya adalah prespektif tiap individu. salah satu yg terbaik tahun ini.
Sebenarnya banyak film sejenis yg membahas tentang"keluarga pilihan", dan memberikan perspektif yg abu-abu tiap keputusan tp bgm Kore-eda membawa film ini ttp menyenangkan, menyentuh hati dan bijaksana tidak menggurui adalah yg jenius dalam film ini. tons of love for this movie.

3. The Fabelmans (dir. Stephen Spielberg)


Menyaksikan masa muda sang maestro film Steven Spielberg di #TheFabelmans tentang bagaimana dia kepincut dengan film & bagian dari keluarganya dalam menempuh cita-citanya yang ditampilkan jenaka, soulful, getir & penuh cinta. semi autobiografi yang mampu menggerakkan hati seorang pecinta film seperti saya ini.

2. Guillermo del Toro's Pinocchio (dir. Guillermo del Toro)


Salah satu film terbaik tahun ini datang dr animasi stop motion garapan Guillermo Del Toro yaitu #PinocchioMovie , banyak yang sudah tahu si boneka kayu ini tapi sentuhan Del Toro selalu magical, lebih gloomy & gelap tp emosinya sangat menyentuh, premis original yang ringan dibuat sangat berbobot.
cara Del Toro memasukkan secara subtil sisi politikal & humanisme di dalam film ini secara tak langsung membuatnya dewasa untuk ditonton penonton dewasa tapi tetap pada core nya untuk ringan ditonton anak-anak, hebat sekali Del Toro ini.

1. Everything Everywhere All at Once (dir. Daniel Scheinert, Daniel Kwan)


#EverythingEverywhereAllAtOnce is beyond my expectation even my wildest dream, the beauty of art of absurdness, the Michelle Yeoh acting, touching family drama packed fantastic and beautiful in one movie all at once. this movie is the reason why i loove watching movie at theater.

You Might Also Like

0 comments

Subscribe