(Short) Trip To Penajam - East Borneo

1/11/2023

YOU CAN GO WHEREVER YOU WANT BUT REMEMBER WHERE YOUR HOME IS

Mungkin banyak belum mengetahui Kabupaten Penajam ini atau lebih tepatnya Penajam Paser Utara adalah salah satu kabupaten yang terletak tidak jauh dari Balikpapan, jika dari Balikpapan kamu harus menyebrang menggunakan kapal feri atau kapal klotok untuk bisa sampai di kabupaten tersebut yang hanya membutuhkan waktu sejam jika menggunakan feri dan sekitar 15-20 menit menggunakan kapal klotok. Jika akhir-akhir ini kamu tidak asing dengan nama Penajam itu dikarenakan media banyak yang menyinggung Ibukota Negara yang baru yang rencananya akan diusung di Kalimantan Timur dan Kabupaten Penajam adalah kabupaten yang paling dekat dengan rencana Ibukota tersebut sehingga menjadikannya Penajam sebagai potensi kabupaten yang akan berkembang kedepannya (who knows?), ini juga sudah cukup terlihat di beberapa pembangunan yang telah dilakukan di pusat keramaiannya walau memang dari segi pariwisata kabupaten ini masih banyak yang perlu dikembangkan lagi.

Sebagai gambaran berikut ini saya berikan visual dari Kabupaten Penajam Paser Utara yang sedang berkembang dan mulai mengepakkan sayapnya.

Kantor Bupati Penajam Paser Utara

Kantor Bupati Penajam Paser Utara

 
Ikon Penajam Paser Utara


Masjid Agung Al-Ikhlas Penajam
Masjid Agung Al-Ikhlas ini memang besar dan cukup mewah yang juga menjadi pusat pembelajaran islam di Penajam, di dalam terdapat eskalator dan nyaman untuk beribadah, sangat mudah ditemukan karena pas di jalan raya utama.

Masjid Agung Al-Ikhlas

Indoor Masjid Agung Al-Ikhlas

Indoor Masjid Agung Al-Ikhlas

Indoor Masjid Agung Al-Ikhlas

Stadion Bola Penajam
Stadion Bola ini terletak dekat dengan Masjid Agung Al-Ikhlas, sayang saya belum berkesempatan untuk melihat dalam stadionnya.

Stadion Bola Penajam

Stadion Bola Penajam

Taman Bunga Rozaline
Taman Bunga yang terletak di tengah kota dan dekat dengan Gedung Kantor Bupati yang cukup sejuk dengan berbagai varian flora dan bunga-bunga tapi sayang sekarang kurang pembenahan.

Taman Bunga Rozaline

Rumah Adat Penajam
Rumah adat ini menjadi salah satu perhatian wisatawan yang kental dengan design adat kalimantan, untuk sekarang rumah adat ini diperuntukkan sebagai tempat UMKM suvenir atau oleh-oleh Penajam Paser Utara

Rumah Adat/UMKM Penajam

Kantor Pemerintahan Penajam
Kantor pemerintahan ini termasuk unik dengan design seperti dome yang cukup menjadi pusat perhatian di tengah kota ketika sampai di Penajam.

Kantor Pemerintahan Penajam

Pelabuhan Feri dan Klotok
Pelabuhan ini salah satu gerbang akses untuk masuk ke Penajam yang mana mempunyai pilihan kapal yang bisa digunakan, mulai dari feri hingga klotok. Untuk tiket menggunakan kapal klotok dari Penajam ke Balikpapan sekitar 35 ribu rupiah per tahun 2023.

Pelabuhan Feri Penajam

Pelabuhan Klotok Penajam




You Might Also Like

0 comments

Subscribe