(Short) Trip To Berau - East Borneo

2/09/2023

YOU CAN GO WHEREVER YOU WANT BUT REMEMBER YOUR HOME IS 

Berau adalah kota kecil yang menjadi kota Kalimantan Timur yang paling jauh bahkan sudah dekat dengan Kalimantan Utara walaupun terlampau jauh, Berau menjadi sebagai gerbang destinasi wisata yang paling apik di Kalimantan Timur, dari sini kita bisa dengan mudah mengujungi Pulau Derawan, Maratua, Kakaban, Sangalaki dengan keindahan bahari dan pantai yang super indah yang sudah banyak dikenal dimana-mana, lalu juga lebih dekat mengunjungi Biduk-Biduk atau Labuan Cermin, danau yang dikenal dengan keindahan airnya yang jernih seperti kaca/cermin.

Dengan potensi bagus seperti ini harusnya sudah menjadi daya tarik tersendiri untuk bisa mengunjungi Berau tapi saat ini saya belum akan membahas pulau-pulau indah itu melainkan kota Berau sendiri yang seringkali hanya dilihat sebelah mata sebagai kota industri semata.

Trip kali ini memang singkat tetapi saya harap ini bisa menjadi insight baru untuk kalian melihat sisi Berau.

Museum Batiwakkal

Terdapat 2 museum di Berau ini salah satunya Museum Batiwakkal. Museum ini terletak di Gunung Tabur yang berada di seberang Tanjung Redep. Untuk memasuki museum ini dipatok tarif 5000 rupiah, di sini terdapat berang-barang bersejarah dari Keraton Gunung Tabur dan akan dipandu oleh pemandu museum yang akan menjelaskan sejarah dan cerita terkait barang-barang bersejarah tersebut.


Museum Batiwakkal

Museum Batiwakkal (Front View)


Museum Batiwakkal (Gate)

Museum Batiwakkal (Indoor)

Museum Batiwakkal (Indoor)

Museum Batiwakkal (Indoor)

Museum Batiwakkal

Monumen Baturunan

Monumen Baturunan ini berhadapan dengan Museum Batiwakkal, monumen ini dekat sekali dengan sungai yang cocok menjadi spot foto yang bagus.

Monumen Baturunan

Monumen Baturunan

Tepian Berau

Melihat Tepian Berau ini mengingatkan kembali akan Tepian Samarinda yang menjadi tempat hangout/togkrongan warga Berau dengan banyaknya kios kaki lima berjualan di sepanjang tepian sungai ini. Jika mengunjungi malam akan semakin ramai.

Tepian Tanjung Redeb (Night View)

Tepian Tanjung Redeb (Night View)

Tepian Tanjung Redeb (Night View)

Tepian Tanjung Redep (Day View)


Tepian Tanjung Redeb (Day View)


Museum Siraja Teluk Bayur

Selain Museum Batiwakkal ada juga Museum Siraja Teluk Bayur yang terletak tidak jauh dari Bandara Kalimarau, di sini terdapat barang-barang bersejarah dari Keraton Teluk Bayur. Sayang sekali saat saya mengunjunginya museum ini sedang tutup.

Museum Siraja Teluk Bayur - Berau

Museum Siraja Teluk Bayur - Berau


Masjid Agung Baitul Hikmah

Masjid ini menjadi ikon Berau dengan arsitektur yang bagus dan besar, identik dengan warna hijau, putih dan hitam menjadikannya menonojol di tengah kota Berau.

Masjid Agung Baitul Hikmah (Front View)
Masjid Agung Baitul Hikmah (Indoor)


Masjid Agung Baitul Hikmah (Front View)

Tepian Sambaliung

Jika di Tanjung Redeb mempunyai tempat hangout/tongkrongan daerah tepian maka di Sambaliung juga mempunyai spot seperti ini dan dengan peremajaan kios dan area menjadikannya daya tarik tersendiri jika mengunjungi Sambaliung ini.

Tepian Sambaliung

Tepian Sambaliung

Taman Cendana

Taman Cendana ini terletak tidak jauh dari Masjid Agung yang mudah diakses bahkan jika hanya dengan berjalan kaki. Taman yang teduh, cukup luas dan dirawat dengan baik menjadikannya ini tempat beristirahat yang oke banget, dekat dari sini juga tedapat lapangan tenis sebagai spot olahraga yang baik.

Taman Cendana

Taman Teluk Bayur

Taman Teluk Bayur ini tidak jauh dari Museum Siraja Teluk Bayur, terdapat juga lapangan sebagai spot olahraga dan spot foto dengan background replika kereta api.

Taman Teluk Bayur

Replika Lokomotif


Taman Teluk Bayur


Taman Sanggam

Taman Sanggam ini cukup unik karena selain terdapat beberapa playground untuk anak terdapat juga skatepark untuk kamu yang ingin bermain skateboard.

Taman Sanggam

Taman Sanggam

Taman Sanggam

Taman Sanggam

Bandara Kalimarau

Akhirnya perjalanan saya berakhir di Bandara Kalimarau yang juga termasuk bangunan ikonik di Berau yang walau tidak begitu besar tetapi mempunyai arsitektur dan interior yang apik. Bandara Kalimarau ini adalah bandara yang cukup krusial atau bisa juga disebut sebagai gerbang pariwisata Berau yang menjadi titik awal destinasi ke pulau-pulau cantik seperti Derawan, Maratua, dll.

Bandara Kalimarau (Front View)

Bandara Kalimarau (Runaway View)

Bandara Kalimarau (Indoor)

Bandara Kalimarau (Indoor)

Bandara Kalimarau (Indoor)





You Might Also Like

0 comments

Subscribe