Book Review: Cantik Itu Luka - Eka Kurniawan

4/15/2019




Salah satu novel surealisme dari Eka Kurniawan ini seperti dongeng yang menceritakan dongeng.
Bercerita tentang seorang wanita bernama Dewi Ayu yang bangun dari kuburnya dari 21 tahun kematiannya dengan segala kutukan dan tragedy yang menerpa dia, dan dia sangat menginginkan seorang putri yang buruk rupa.

Terlihat dari sinopsisnya saja sepertinya terasa absud dan mencekam ya? Padahal ternyata buku ini sungguh menghibur.

Buku ini terdiri dari 505 halaman, pada saat saya membeli sudah sebanyak 14 kali cetakan dan sudah diterjemahkan ke dalam +- 30 Bahasa

Saya selalu menyukai cara Eka Kurniawan dalam menulis yaitu walaupun dengan ide surealisnya dia tetap membuat suatu rentetan cerita yang saling menyatu dan mengikat sehingga menampilkan kisah dengan sungguh asik dan tajam tetapi mempunyai unsur satir di dalamnya dan menurutku ini adalah karya Eka Kurniawan yang paling menohok.
Penafsiran tokoh yang manusiawi, menampilkan sisi gelap dan sisi terang di setiap tokohnya yang secara tak langsung memberikan pelajaran bahwa kita tidak akan menemukan murni orang baik maupun orang jahat karena sebenarnya perpaduan baik dan buruk adalah yang membentuk kehidupan ini.


Saat membaca ini saya sangat terbawa oleh ceritanya dan seperti jatuh di dalam dongeng yang ingin di sampaikan, aku dapat membayangkan lokasi kejadian dengan gamblang seperti yang dideskripsikan oleh buku ini. Benar-benar bisa larut di dalam ceritanya walaupun terkadang dalam cerita yang seperti tidak masuk akal sekalipun tetapi itulah seninya.
Saranku jika membaca buku ini, mulailah dengan pikiran yang apa adanya, ikuti saja alur cerita dalam bukunya, biarkan saja pikiranmu dibawa oleh penulisnya.

Kutipan yang paling aku suka: “Ilmu hitam sangatlah tidak berguna, …. Mereka memberimu kekuatan semu, palsu dan artifisial dan tentu saja jahat. Cinta telah memberimu bukti bahwa cinta merupakan kekuatan yang jauh lebih besar dari apapun”.



You Might Also Like

0 comments

Subscribe